10 Aplikasi Flashdisk yang perlu anda ketahui


USB Drive merupakan perangkat penyimpan data portable yang sangat populer saat ini, karena ukurannya kecil, ringan, mudah dibawa kemana-mana, handal dan harganya relatif murah. Pada artikel kali ini ada sepuluh software USB Drive yang berguna untuk anda.

1.     Windows 7 SBB Tool

Program kecil dan portable ini dapat digunakan untuk membuat bootable USB windows 7, tidak hanya USB Flashdisk, tetapi mendukung SD Card. Untuk membuat bootable USB, kita tidak bisa menggunakan ISO Image (file ISO) dari windows 7, tetapi kita harus manual menentukan lokasi folder windows tersebut (sebelumnya bisa kita copy dari DVD ke hardisk).
Download Windows 7 SBB Tool ( 245 KB)

2.     A Bootable USB

Aplikasi dari aksvg.com ini merupakan program pembuat bootable USB untuk menginstall windows 7. Setelah dijalankan, kita bisa memilih lokasi install file (saya sarankan memilih lokasi yang sama dengan A Bootable USB, sehingga bisa menjadi portable). Untuk membuat bootable USB WIndows 7 diperlukan minimal 4 GB USB.
Aplikasi ini dapat menggunakan DVD Windows 7 atau file ISO. Dan dapat berjalan di windows Vista, server 2008 atau windows 7. Untuk menjalankanya, kita harus melalui 3 langkah, Check USB Drive, Format USB Drive dan memilih DVD atau ISO. Sayangnya setelah saya coba di windows 7 ( versi 0.9.0.4), ketika langkah format USB, proses ini terhenti sehingga belum bisa saya teruskan dan harus menutup dengan End Task. Mungkin dari menu Options perlu dicoba setting lain ketika format USB.
Download A Bootable USB ( 996 KB)

3.      Rufus

Rufus merupakan Utility kecil dan ringan yang bisa digunakan untuk melakukan format dan membuat bootable USB Flash drive (flashdisk, memory stick dan lainnya). Dengan Rufus kita bisa menggunakan untuk berbagai hal, seperti:
  • Ingin menginstall sistem operasi dari USB baik Windows atau Linux
  • Ingin bekerja dengan perangkat semisal hardisk yang belum ada sistem operasi-nya
  • Untuk melakukan flash BIOS atau update Firmware dari DOS
  • Untuk menjalankan software yang membutuhkan akses low level, seperti low level format
Download rufus (420 kb)

4.     WinUSB Maker

WinUSB Maker merupakan software portable untuk membuat media penyimpan eksternal seperti USB Flashdisk atau eksternal HDD menjadi bootable dan dapat digunakan untuk memindah file setup (installasi) windows ke USB.
Beberapa Fitur WinUSB Maker antara lain:
  • Backup dan Restore (termasuk MBR, Master Boot Record) dari USB Drive
  • Di design dengan keamanan maksimum, untuk menghindari errir dan mencegah kesalahan memformat windows
  • Dapat bekerja dengan Windows dalam DVD, Folder atau ISO Image
  • Memformat USB dalam file sistem NTFS
  • Dapat membuat DOS/GRLDR bootable USB Disk
  • Copy file dengan level kecepatan maksimum
  • MEndukung perangkat yang lebih dari 1 TB
Selain itu terdapat berbagai fitur lainnya, selengkapnya bisa mengunjungi halaman WinUSB Maker. Program ini dapat berjalan di windows Vista,7,8 dan server 2008/2011 (dan memerlukan .Net Framework 3.5)
Download WinUSBMaker.7z ( ~ 1.3 MB)

5.     Passcape ISO Burner

Program kecil dan juga portable PAsscape ISO Burner merupakan aplikasi untuk membuat bootable disk dan juga USB dari berbagai file ISO, tidak hanya windows. Dapat digunakan untuk membuat bootable CD/DVD, perangkat USB (Memory Stick, USB Flashdisk, CompactFlash, Secure Digital USB Hard disk dan lainnya).
Beberapa fiturnya antara lain:
  • Memindah file ISO ke CD/DVD dan USB drive
  • Membuat bootable media
  • Extract isi file ISO ke hardisk
  • Antarmuka yang sederhana
Program ini dapat berjalan di windows XP keatas. Download Passcape ISO Burner ( 314 KB)

6.     Novicorp WinToFlash

Aplikasi ini sudah ada cukup lama, dan tergolong bagus untuk membuat bootable USB. Tidak seperti kebanyakan aplikasi sebelumnya yang hanya mendukung windows vista atau 7, WinToFlash dapat digunakan untuk membuat bootable USB windows XP/2003/Vista/2008/7/8.
Beberapa Fitur WinToFlash antara lain:
  • Memindah installasi windows XP/2003/Vista/2008/7/8 dari CD/DVD ke USB Flash drive
  • Memindah WinPE ke USB
  • Membuat USB Flash drive dengan Bootloader darurat untuk windows XP/2003
  • Memindah MS_DOS ke USB
  • Membuat USB berisi windows XP/2003 Recovery COnsole

7.     HP USB Disk Storage Format Tool

Software gratis buatan HP ini mungkin sudah cukup populer dalam hal format USB drive. USB yang gagal di format di windows, biasanya bisa di format dengan baik menggunakan software ini, kecuali memang sudah rusak dan tidak terdeteksi. Meskipun dengan nama HP, tetapi bisa digunakan untuk merk lainya juga.
Selain itu HP USB Disk Storage Format tool juga mampu mem-format untuk ukuran yang lebih besar dari 32 GB, mengaktifkan fitur kompresi untuk tipe NTFS, serta bisa membuat Bootable DOS Startup. Fitur standard Quick Format juga disediakan, dan kita bisa memilih file sistem FAT32 atau NTFS.
Download :
- HP USB Disk Storage Format Tool 2.2.3 ( 96 KB)
- HP USB Disk Storage Format Tool 2.1.8 ( 1.98 MB)

8.     Martik USB Disk Formatter

Software gratis dan cukup kecil ini bersifat portable dan dapat menjadi alternatif tool untuk melakukan format terhadap USB Flashdisk. Fitur yang disediakan cukup standard, kita bisa memilih tipe FAT32 atau NTFS dan juga melakukan quick format serta mengaktifkan kompresi drive ( khusus untuk NTFS).
Download Martik USB Disk Formatter (52 KB)

9.  Any DRIVE Formatter

Alternatif lainnya ketika format windows tidak berhasil adalah menggunakan Any DRIVE Formatter. software ini akan berusaha mendeteksi USB Flah drive dengan sekali klik dan setelah itu kita bisa melakukan format USB tersebut. Untuk dapat menggunakan software ini, di komputer sudah harus terinstall Microsoft .NET Framework 2.0.
Download Any DRIVE Formatter (452 KB)

10. SpeedOut

SpeedOut merupakan program gratis yang dibuat untuk mengetahui seberapa cepat USB Flashdisk ( temasuk eksternal HDD, USB Stick dll) membaca data dan menulisannya ( Reading speed dan Writing Speed). Reading Speed artinya kecepatan membaca data yang ada di flashdisk, sedangkan Writing Speed artinya kecepatan ketika menulis/copy data ke flashdisk.
Penggunaan sangat mudah, tinggal memilih drive USB Flashdisk yang ada dan klik tombol start, tidak ada tombol yang lain. Hasilnya bisa langsung kita lihat dalam tampilan yang cukup menarik.
SpeedOut mempunyai beberapa keunggulan dibanding program sejenis, semisal HDD Tune. Beberapa fitur dan keunggulan program ini yaitu :
  • Bersifat portable, hanya satu file exe saja yang langsung dijalankan
  • Tidak perlu format Flashdisk
  • Low level technology, yang memungkinkan mengetahui kecepatan nyata dan tidak terpengaruh oleh file sistem.
  • Antarmuka yang sederhana tetapi cukup menarik dan informatif
  • Penggunaan sangat mudah
  • Data tidak akan terhapus atau rusak ketika proses testing, baik test kecepatan baca maupun tulis
Setelah hasilnya ditampilkan, kita juga bisa meng-copy hasil test melalui klik icon SpeedOut atau tekan tombol Alt+Space. Program ini mempunyai ukuran sekitar 1 MB saja, sehingga cukup mudah didownload. Dapat berjalan di Windows XP, 2000 ,Vista dan juga Windows 7.
Jika anda menggunakan program ini, mungkin hasilnya bisa di copy dan dipaste di bagian komentar dengan menambahkan tipe/merk flashdisk yang digunakan. Sehingga bisa kita gunakan sebagai referensi.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

1 Response to "10 Aplikasi Flashdisk yang perlu anda ketahui"

  1. 10 Aplikasi Flashdisk Yang Perlu Anda Ketahui - Khoirul Anwar >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    10 Aplikasi Flashdisk Yang Perlu Anda Ketahui - Khoirul Anwar >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    10 Aplikasi Flashdisk Yang Perlu Anda Ketahui - Khoirul Anwar >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus